DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL GEJALA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA REALIA DI KELOMPOK B TK TUNAS CEMERLANG AMUNTAI
PENGARANG:SYARIFFUDIN AZHARY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


Azhary, Syariffudin. 2021. “Meningkatkan Aspek Kognitif dalam Mengenal Gejala Alam Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Problem Based Learning dan Media Realia di Kelompok B TK Tunas Cemerlang Amuntai”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Kognitif, Mengenal Gejala Alam, DemonstrationProblem Based Learning, Media Realia

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil perkembangan kognitif anak kelompok B dalam mengenal gejala alam. Hal ini disebabkan kurangnya variasi kegiatan pembelajaran yang menstimulasi perkembangan kognitif anak dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik sehingga rendahnya motivasi belajar anak maka hasil pengembangan kognitif rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek kognitif dalam mengenal gejala alam menggunakan kombinasi model demontration, model problem based learning dan media realia.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Tunas Cemerlang yang berjumlah 10 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai ≥ 28 dengan kategori “sangat  baik”, aktivitas anak mencapai ≥76% dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang ????(BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi model demontration, problem based learning dan media realia dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 21 meningkat menjadi 26 pada pertemuan III dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 30% berkembang pada pertemuan III memperoleh nilai 76% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan kognitif anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan  5  anak  memperoleh  bintang ??? (BSH)  dan  4  anak memperoleh bintang ???? (BSB) dengan persentase 90%.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa menggunakan kombinasi model demontration, model problem based learning dan media realia dalam mengenal gejala alam dapat mengembangkan aspek kognitif kelompok B TK Tunas Cemerlang Amuntai. Disarankan untuk pendidik dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran kognitif khususnya dalam mengenal lambang huruf sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI