DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Konteks Lahan Basah dengan Model STEM-PjBL untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA
PENGARANG:SITI ROSITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


Rendahnya literasi sains peserta didik pada materi larutan penyangga, perlu diatasi dengan menyediakan e-modul larutan penyangga yang memfasilitasi problem konteks lahan basah dengan penyelesaian menggunakan model STEM-PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul larutan penyangga konteks lahan basah yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian R&D dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan melalui angket validasi e-modul dan instrumen tes literasi sains serta angket keterbacaan e-modul dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas yaitu Aiken’s V dengan percentage of agreement formula Borich dan persentase kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul larutan penyangga dan tes literasi sains yang dinyatakan sangat valid dengan nilai berturut-turut 0,953 dan 0,98 dengan nilai konsistensi antar validator 89%, data hasil persentase kepraktisan e-modul berdasarkan uji keterbacaan pada uji perorangan dan uji kelompok kecil mendapatkan nilai keterbacaan e-modul berturut-turut sebesar 94,5% dan 94,25%. Disimpulkan bahwa e-modul larutan penyangga konteks lahan basah dengan model STEM-PjBL valid dan praktis, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi larutan penyangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI