DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PENGELOLA MASJID AL-MUNAWARRAH SEBAGAI PENYELENGGARA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI KECAMATAN KERTAK HANYAR TAHUN 2002-2019
PENGARANG:Muhammad Alfian
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


Muhammad Alfian,  2019.  Peranan Pengelola Masjid Al-Munawarrah Sebagai Penyelenggara  Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Kecamatan Kertak Hanyar 2002-2019. (Pembimbing I  Drs. Rusdi Effendi, M.Pd. dan Pembimbing II Wisnu Subroto, S.S., M.A.).

 

            Latar belakang penelitian berdasar pada penyelenggaraan taman pendidikan baca Qur’an yang dilakukan oleh pengelola masjid Al-Munawarrah Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Karena kurangnya pendidikan akhlak anak-anak sesuai syariat Islam yang mengakibatkan kurangnya pendidikan Islam khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini membuat pengelola masjid menyelenggarakan taman pendidikan Al-Qur’an dengan upaya-upaya pembinaan akhlak anak didik di Kertak Hanyar.

            Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya masjid Al-Munawarrah, peranan pengelola masjid sebagai penyelenggara taman pendidikan Al-Qur’an dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pengelola dalam menyelenggarakan taman pendidikan Al-Qur’an.

            Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode sejarah melalui empat tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Data terbagi menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan  dari hasil wawancara dan observasi langsung, yaitu untuk mengamati peranan yang dilakukan pengelola masjid dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pengelola masjid Al-Munawarrah dalam penyelenggaraan taman pendidikan Al-Qur’an. Data sekunder didapat melalui studi kepustakaan terkait penetitian.

            Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah peranan yang dilakukan oleh pengelola masjid Al-Munawarrah sebagai penyelenggara taman pendidikan Al-Qur’an berjalan lancar. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya jumlah santri, dukungan masyarakat dan tersedia dana yang mencukupi dari tahun 2002 sampai sekarang. Saat ini masjid Al-Munawarrah memiliki kedudukan yang penting di sekitar wilayah Kertak Hanyar sebagai pusat pendidikan Islam.

 

Kata Kunci: Peranan Pengelola Masjid, Taman Pendidikan Al-Qur’an

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI