DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KLASIFIKASI KETERAMPILAN DASAR BERMAIN BOLA VOLI PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 3 MARTAPURA TAHUN AJARAN 2022/2023
PENGARANG:MUHAMMAD RIFA’I YUSUF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


ABSTRAK

Muhammad Rifa’I Yusuf, NIM 1810122310068, 2023. “Klasifikasi Keterampilan Dasar Bermain Bola Voli Peserta Didik Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 3 Martapura Tahun Ajaran 2022/2023”.Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (Utama) Dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd. Pembimbing: (Pendamping) Norma Anggara, S.Pd., M.Pd. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi keterampilan dasar bermain bola voli siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 3 Martapura tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu mengenai tingkat keterampilan dasar bola voli siswa artinya dalam penelitian ini peneliti hanya ingin menggambarkan kemampuan/tingkat keterampilan dasar bermain bola voli siswa pada saat penelitian berlangsung tanpa pengujian hipotesis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknis tes dan pengukuran.Adapun populasi pada penelitan ini adalah seluruh pemain siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 3 Martapura yang berjumlah 20 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pemain siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 3 Martapura yang berjumlah 20 orang. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan sampel jenuh.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa klasifikasi keterampilan dasar bermain bola voli siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 3 Martapura tahun ajaran 2022/2023 dengan kategori “Sangat Baik”, yaitu sebanyak 0 peserta didik (0%), kemudian untuk kategori “Baik” sebanyak 6 peserta didik (30%), selanjutnya pada kategori “Cukup” sebanyak 9 peserta didik (45%), kemudian pada kategori “Kurang” sebanyak 4 peserta didik (20%) dan yang terakhir untuk kategori “Sangat Kurang”, yaitu sebanyak 1 peserta didik (5%)..

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkanbahwa tingkat keterampilan dasar bermain bola voli siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga bola voli di SMP Negeri 3 Martapura sebagian besar dalam kategori “Cukup”.

Kata Kunci: Tingkat Keterampilan Dasar, Bola Voli dan Peserta Ekstrakurikuler

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI