DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BANUA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SUNGAI BAKUNG KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NAHID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


Nahid, (2023), Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ppkn Menggunakan Model Banua Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sungai Bakung Kabupaten Banjar. Skiripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model BANUA.

Permasalahan Penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn. Hal ini disebabkan pembelajaran peserta didik masih bersifat konvensional, model pembelajaran kurang bervariasi dan kurang menarik, pembelajaran masih berpusat pada pendidik (teacher center) serta peserta didik masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran BANUA dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas Pendidik menganalisis aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah perserta didik kelas V SDN Sungai Bakung Kabupaten Banjar, yang berjumlah 12 orang perserta didik terdiri 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas Pendidik pada pertemuan satu memperoleh skor 20 dengan kreteria “Baik”, Meningkat pada pertemuan III dengan skor 28 dengan kreteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai 36,36% dengan kriteria "Cukup Aktif" meningkat pada pertemuan III menjadi 100% dengan kriteria "Sangat Aktif". Hasil belajar peserta didik pada pertemuan I dengan Ketuntasan klasikal 36,36% meningkat pada pertemuan III dengan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model BANUA dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Adapun disarankan bagi kepala sekolah, pendidik dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI