DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP BETHEL MATARAH KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:YOLANDA ISA MAHARATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


ABSTRAK

Maharati, Yolanda Isa. (2023) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Media Audio Visual untuk Peserta Didik Kelas VIII di SMP Bethel Matarah Kabupaten Barito Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, menulis puisi, media audio visual

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan bahan ajar menulis puisi, mendeskripsikan dan membuat pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis media audio visual, serta mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis media audio visual yang dibuat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah yang digunakan dengan model ADDIE, yaitu: (1) Analysis (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Media Audio Visual divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta diujicobakan pada peserta didik kelas VIII di SMP Bethel Matarah. Sumber penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Bethel Matarah, peserta didik kelas VIII SMP Bethel Matarah, ahli materi, media, dan ahli bahasa. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa tingkat kebutuhan guru terhadap bahan ajar, rancangan produk berupa bahan ajar, hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tingkat kebutuhan guru dan peserta didik kelas VIII di SMP Bethel Matarah cukup tinggi untuk bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis media audio visual dikembangkan dengan bantuan aplikasi Powtoon dan Canva dalam  merancang visual dan animasi dalam bahan ajar serta bantuan aplikasi Capcut dalam  menyusun materi dan visual sehingga menjadi video pembelajaran. Isi dari video pembelajaran terdiri dari 49 salindia dan durasinya 10 menit 17 detik. 3) Analisis data penilaian ahli materi sebanyak 95% dengan kategori “sangat baik”, ahli media sebanyak 97,5% dengan kategori “sangat baik” dan ahli bahasa sebanyak 94% dengan kategori “sangat baik”. Penilaian dari respon peserta didik untuk jawaban “ya” sebanyak  95% dan jawaban “tidak” sebanyak 5% dengan kategori “sangat baik”. Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Media Audio Visual secara keseluruhan memperoleh penilaian dengan kriteria “sangat baik”, sehingga bahan ajar berbasis media audio visual layak dipergunakan di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI