DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TEKNIK MENULIS EKSPRESIF UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AFIDA ISMUL ADHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


Kejenuhan belajar adalah keadaan dimana terjadi penurunan minat, motivasi belajar, kinerja dan prestasi pada seseorang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikannya treatment konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Pemilihan sampel dalam  menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 4 orang siswa. Hasil perhitungan uji Wilcoxon melalui aplikasi SPSS versi 26 for Windows, pada tabel positive ranks dengan nilai 0 artinya seluruhnya mengalami penurunan hasil dari pretest ke posttest. Berdasarkan pada tabel The Statisticd, diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) p-value=0,037<0,05. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif efektif dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI