DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengelompokkan Pola yang Berwarna dengan Model Make A Match dan Metode Bermain Melalui Media Tray Egg Kelompok B di TK Khadijatul Kubro Banjarmasin
PENGARANG:NUR KHOFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


Kata Kunci : Mengelompokkan Pola yang Berwarna, Model Make A Match, Metode Bermain ,Media Tray Egg.

 

Kognitif atau intelektual adalah suatu proses berpikir berupa kemampuan atau daya untuk menghubungkan suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya serta kemampuan menilai dan mempertimbangkan segala sesuatu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengelompokkan pola yang berwarna anak yang masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti melalui model Make A Match, Metode Bermain dan media Tray Egg. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak, serta menganalisis peningkatan perkembangan kognitif.Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan 3 pertemuan. Subjek penelitian ini pada kelompok B di TK Khadijatul Kubro Banjarmasin yang berjumlah 15 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.Hasil temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari pertemuan 1 dengan kategori Cukup Baik kemudian meningkat menjadi sangat baik pada pertemuan 3. Aktivitas anak secara klasikal mengalami peningkatan dar i pertemuan 1 yaitu 50,8% dengan kategori Cukup Aktif kemudian meningkat pada pertemuan 3 menjadi 98,75% dengan kategori sangat aktif. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal mengalami peningkatan dari pertemuan 1 yaitu40% meningkat menjadi menjadi 100% pada pertemuan 3.Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa model Make A Match, Metode Bermain dan media Tray Egg berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil perkembangan kognitif yang optimal di TK Khadijatul Kubro Banjarmasin. Disarankan penggunaan model Make A Match dan Metode Bermain media Tray Egg sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan kognitif lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI