DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN CHANNEL YOUTUBE “KOK BISA?” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI SOEKARNO SANG PROKLAMATOR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2021/2022
PENGARANG:Siti Hatifah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-26


Siti Hatifah, (1810111220030), 2022. Penggunaan Channel YouTube “Kok Bisa?” Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pada Materi Soekarno Sang Proklamator Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. (Pembimbing I: Wisnu Subroto, S.S., M.A. dan Pembimbing II: Fitri Mardiani, M.Pd.).

Era Digital pada pendidikan menjadi bagian tak terpisahkan dari hadirnya Revolusi Indstri 4.0. Media pembelajaran menjadi beragam saat pelaksanaan pembelajaran secara blanded learningYouTube memiliki keunggulan berupa visualisasi yang menarik, informatif, dan interaktif. “Kok Bisa?” merupakan salah satu channel pendidikan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Permasalahan yang ditemui peserta didik yang kurang antusias dalam pembelajaran secara blanded learning karena guru menggunakan media yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan channel Youtube “Kok Bisa?” sebagai media pembelajaran di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil data di MAN 2 Kota Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan verifkasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dalam memeriksa keabsahan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran sejarah berupa konvensional tanpa memuat pembelajaran dalam jaringan sedangkan pembelajaran yang berlangsung secara blanded learning, pelaksanaan pembelajaran menggunakan Channel Youtube “Kok Bisa?” sebagai media pembelajaran sejarah pada materi Soekarno sesuai dengan perencanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dilakukkan dengan penilaian berdasarkan aspek kognitif dan afektif secara individu. Kesimpulannya adalah peserta didik menjadi antusias mengikuti pembelajaran setelah menggunakan Channel Youtube “Kok Bisa?” sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran, Sejarah, Media, YouTube, Soekarno

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI