DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INTERAKSI GURU DENGAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:Yulianti Aisyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-26


Penelitian ini di latar belakangi yaitu untuk mengetahui pengaruh  interaksi guru dan  siswa dalam proses pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi sejarah. Dan hubungan yang saat ini terjadi antara guru dan siswa seringkali satu arah dimana siswa hanya sekedar mendengarkan apa yang disampaikan guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh interaksi guru dengan siswa terhadap proses pembelajaran sejarah di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 121 siswa, dan seluruhnya diambil sebagai subyek/responden penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran (X) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi sejarah (Y) di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai b = 0,400 dan t = 5,737 dengan sig = 0,000. 2) Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran (X) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi sejarah (Y) secara bersamaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran bidang studi sejarah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI