DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH JENIS DAN LAMA PAPARAN SINAR ULTRAVIOLET (UV) TERHADAP PERKEMBANGAN MORFOLOGI EKSPLAN MAHKOTA NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) VARIETAS TAMBAN
PENGARANG:RIZKA ANNISAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-27


Radiasi ultraviolet (UV) dibagi menjadi tiga berdasarkan panjang gelombangnya, yaitu UV-A (315-400 nm), UV-B (280-315 nm), dan UV-C (200-280 nm). Baik UV-B maupun UV-C memiliki energi foton yang dapat merusak ikatan kimia sehingga menyebabkan reaksi fotokimia, yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya efek biologis terhadap tanaman. Berbagai penelitian radiasi sinar UV terhadap berbagai tanaman menyebabkan beberapa perubahan morfologi dan fisiologi pada tanaman. Oleh karena itu, pengaruh radiasi sinar UV terhadap eksplan mahkota nanas varietas Tamban dilakukan melalui penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara pengaruh antara kontrol dengan perlakuan sinar UV terhadap perkembangan morfologi eksplan mahkota nanas varietas Tamban; mengetahui pengaruh perlakuan jenis sinar UV terhadap perkembangan morfologi eksplan mahkota buah nanas varietas Tamban; dan mengetahui pengaruh lama paparan sinar UV yang tersarang dalam jenis sinar UV terhadap perkembangan morfologi eksplan mahkota buah nanas varietas Tamban.

Penelitian ini dilakukan pada Maret – Juni 2023 di Laboratorium Kultur Jaringan, Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat. Peneltian ini merupakan penelitian eksperimen yang ditata dalam Rancangan Acak Lengkap Tersarang dengan kontrol terpisah, yang terdiri atas dua faktor berulangan tiga kali. Faktor pertama adalah jenis sinar UV yang terdiri atas dua taraf, yaitu sinar UV-B dan sinar UV-C. Faktor kedua adalah lama paparan sinar UV yang tersarang dalam jenis sinar UV, terdiri atas 4 (empat) taraf, yaitu 10, 20, 30 menit, dan 40 menit. Perlakuan kontrol berupa penanaman mahkota nanas varietas Tamban tanpa perlakuan sinar UV.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara kontrol dan perlakuan sinar UV terhadap persentase kontaminasi 4, 7, dan 8 MST, waktu muncul tunas pertama, persentase eksplan membentuk tunas pada 2 MST, dan jumlah tunas pada 2 – 5 MST, tetapi tidak berbeda terhadap jumlah tunas pada 6 – 8 MST.Pengaruh perlakuan jenis sinar UV berbeda nyata terhadap jumlah tunas pada eksplan mahkota buah nanas varietas Tamban. Perlakuan sinar UV-B menghasilkan jumlah tunas lebih banyak daripada perlakuan sinar UV-C pada 2 – 8 MST. Lama paparan sinar UV berpengaruh terhadap persentase kontaminasi pada 7 dan 8 MST, waktu muncul tunas pertama, persentase eksplan membentuk tunas pada 2 MST. Lama paparan sinar UV yang tersarang dalam jenis sinar UV berpengaruh terhadap jumlah tunas pada eksplan mahkota nanas varietas Tamban.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI