DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E–MODUL INTERAKTIF BERBASIS BOOK CREATOR DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM DAN ALAT PEMBAYARAN KELAS X SMA NEGERI 1 ANJIR PASAR
PENGARANG:VIONA ESTERLITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-30


ABSTRAK


Viona Esterlita, 2023. PENGEMBANGAN E–MODUL INTERAKTIF
BERBASIS BOOK CREATOR DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL
SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM DAN ALAT
PEMBAYARAN KELAS X SMA NEGERI 1 ANJIR PASAR. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Lambung Mangkurat. (Pembimbing I: H. Maulana Rizky, M.Acc., Ak.
Pembimbing II: Dr. Muhammad Rahmattullah M.Pd.)


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Anjir Pasar. Hal ini diakibatkan oleh kurang bervariasinya sumber belajar yang digunakan pendidik, dan rasa jenuh dalam belajar karena dampak belajar dari rumah saat covid–19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D dengan model 4D. Hasil penelitian ini pada validasi ahli media mendapatkan rata–rata 4,79 dengan kriteria sangat valid dan presentase 95,8% dengan kategori sangat praktis. Validasi ahli materi mendapatkan rata–rata 4,67 dengan kriteria sangat valid dan presentase 93,4% dengan kategori sangat praktis. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil terhadap e-modul interaktif berbasis book creator dengan tema kearifan lokal sebagai sumber belajar mendapatkan rata–rata 4,82 dengan kriteria sangat valid dan presentase 96,4% dengan kategori sangat praktis. Uji coba kelompok besar mendapatkan rata–rata 4,88 dengan kriteria sangat valid dan presentase 97,6% dengan kategori sangat praktis. E-modul interaktif berbasis book creator dengan tema kearifan lokal sebagai sumber belajar juga efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar berdasarkan hasil uji independent sampel t–test yang mendapatkan nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,005 dan uji paired sampel t–test pada pair 1 mendapatkan nilai sig 2 tailed mendapatkan nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,005 pair 2 mendapatkan nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,005 dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata–rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan maka disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis book creator dengan tema kearifan lokal sebagai sumber belajar sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan bagi peserta didik dapat mempelajari dan meningkatkan pemahaman tentang penggunaan e–modul, bagi pendidik dapat menjadikan e-modul interaktif berbasis book creator dengan tema kearifan lokal sebagai referensi sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran untuk memmbantu peserta didik mencapai hasil belajar yang diinginkan.

Kata Kunci: e–modul, book creator, 4D

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI