DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELOMPOK A TK BUDI MULIA PADANGIN
PENGARANG:LIDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-30


ABSTRAK

Lidya. 2023. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelompok A TK Budi Mulia Padangin”Skripsi program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kognitif, Mengenal Konsep Bilangan 1-10, Problem Based Learning.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A. Hal ini disebabkan pembelajaran hanya menggunakan LKPD dan guru belum mengajar secara kontekstual sehingga anak masih berpikir secara abstrak dalam mengenal konsep bilangan. Upaya pemecahan masalah ini yaitu menggunakan model problem based learning. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10.

 

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A TK Budi Mulia Padangin tahun pelajaran 2022/2023, jumlah sebanyak 11 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang diharapkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dengan kategori “Sangat Baik”, Pertemuan 2 dengan kategori “Sangat Baik” dan pertemuan 3 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas anak pertemuan 1 kategori “Sangat Aktif”. Pada pertemuan 2 kategori “Sangat Aktif ” dan pada pertemuan 3 kategori “Sangat Aktif”. Hasil perkembangan kognitif pertemuan 1 hanya 3 anak yang berhasil berkembang hingga pada pertemuan 3 11 anak berhasil berkembang mendapatkan (BSH) dan (BSB).

 

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunakan model problem based learning  dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 dan hasil perkembangan kognitif sesuai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disarankan bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI