DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL ENERGI DALAM KEHIDUPAN DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HIDUP DAN BERKARIR PESERTA DIDIK
PENGARANG:HASIARNI FAHRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-30


Keterampilan hidup dan berkarir berperan penting menunjang kesuksesan peserta didik dimasa depan. Namun keterampilan tersebut kurang dilatihkan di sekolah. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran materi energi dalam kehidupan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang layak untuk meningkatkan keterampilan hidup dan berkarir peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan formative evaluation Tessmer, meliputi self evaluation, expert review (3 pakar dan 2 praktisi), one to one evaluation (3 peserta didik), small group test (9 peserta didik), dan field test (25 peserta didik). Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi modul, angket respon, dan angket keterampilan hidup dan berkarir. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil validasi modul pada aspek materi dan media sebesar 84 dan 85 dengan kategori valid, (2) hasil respon peserta didik pada small group dan field test masing masing sebesar 81 & 84 dengan kategori praktis, dan (3) nilai n-gain keterampilan hidup dan berkarir pada small group dan field test sebesar 0,31 dan 0,40. Dengan demikian, modul energi dalam kehidupan yang dikembangkan termasuk valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan hidup dan berkarir peserta didik dalam pembelajaran IPA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI