DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD ROZIQIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-31


Pembelajaran sejarah identik dengan berfikir kreatif, dan bertanggung jawab.Kenyataandilapanganmenunjukkanbahwatujuanpembelajaransejarahbelumtercapaisebagaimanayangdiharapkan.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)Mengetahui aktivitas siswa terhadap pengunaan model pembelajaran Mind mappingpada materi sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS SMA PGRI 4Banjarmasin (2) Mengetahui aktivitas guru terhadap pengunaan model pembelajaranMind mapping pada materi sejarah proklamasi kemerdekaanIndonesia di kelas XIIPS SMA PGRI 4 Banjarmasin (3) Mengetahui kreativitas siswa dalam pengunaanmodel pembelajaran Mind mapping terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa dikelasXIIPS SMA PGRI4 Banjarmasin.

Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch) dalam memperoleh data dengan pengumpulan data observasi dan rubrikkreativitas siswa. Teknik analisis data juga digunakan dalam penelitian ini, mulai darianalisis data hasil observasi dan analisis data hasil observasi rubrik kreativitas siswa.Instrumen dan pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitasgurudanlembarrubrikkreativitas siswadalam memperolehdatadaninformasi.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitassiswapadatemasejarahproklamasi kemerdekaan Indonesia masih dalam kategori kurang. Terlihat pada saatpembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak memperhatikan guru pada saatpembelajaranberlangsung.Sementaraitu,aktivitasguruberdasarkanlembarobservasi memperoleh skor 75 yang termasuk dalam kategori baik. Sementara itu,kreativitasbelajarsiswamelaluipenerapanmetodepembelajaranMindmappingberadadalamkategorisangatkurang.AkantetapiterjadipeningkatankreativitasbelajarsiswamelaluipenerapanmetodepembelajaranMindmapping.Halinidibuktikan dengan adanyarefleksi siklus, dimulai dari siklus I dengan nilai 25.8dalam kategori sangat kurang kreatif, siklus II mendapat nilai 64.52 dalam kategoricukup kreatif, sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan danmendapatkannilai 90.32dalam kategori sangat kreatif.

Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dalam menggunakan metode Mindmapping masih terdapat siklus kreativitas siswa yang masih jauh dari kata sempurna,walaupunterjadi peningkatan disiklus selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI