DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN OPINI AUDIT DALAM MEMPENGARUHI RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA
PENGARANG:REVITA DWI HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-31


ABSTRAKSI

Revita Dwi Handayani (2023). Peran opini audit dalam mempengaruhi return saham di Bursa Efek Indonesia. Pembimbing 1:  Muhammad Hudaya, SE, MM, Ph. D, CertSF, CertDA, CSRA, Pembimbing 2:  Dr. Rahma Yuliani, S.E., M.Si., Ak.

Investor merupakan elemen penting dalam perusahaan. Investor memiliki hak dan kewajiban untuk mengetahui seluruh informasi terkait dengan perusahaan terutama informasi yang terdapat dalam laporan keuangan. Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan bukan hanya kinerja keuangan perusahaan namun juga opini audit yang diberikan oleh auditor. Opini audit merupakan salah satu informasi yang menjadi bahan pertimbangan investor untuk membeli atau menjual saham.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran opini audit dalam mempengaruhi return saham di Bursa Efek Indonesia yang dilihat dari return saham perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini sebanyak 790 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Inodonesia, dengan menggunakan teknik purposive sampling terdapat sebanyak 430 perusahaan sebagai sampel penelitian selama periode penelitian tahun 2018 – 2021. Data diolah dengan bantuan aplikasi Eviews 9 dan teknik analisis data yang digunakan adalah panel regresion  

Berdasarkan hasil regresi mendapatkan hasil jika opini audit yang digunakan pada penelitian ini berpengaruh terhadap return saham. Opini wajar tanpa pengecualian berpengaruh positif signifikan terhadap return saham yang artinya investor akan membeli saham perusahaan yang mendapatkan opini wajar tanpa pengeculian. Opini wajar tanpa pengecualian dengan paragfraf penjelas dan opini audit wajar dengan pengecualian berperan negatif terhadap return saham yang artinya investor akan menjual saham perusahaan yang mendapatkan opini tersebut. Sedangkan opini tidak memberikan pendapat tidak berpengaruh terhadap return saham perusahaan.

 

Kata kunci: Opini audit wajar tanpa pengecualian, opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas, opini audit wajar dengan pengecualian, opini audit tidak memberikan pendapat, return saham.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI