DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Komunikasi Keluarga pada Ibu Pekerja yang Memiliki Anak saat Work From Home (WFH) di Kota Banjarbaru
PENGARANG:MUTIARA MAHFUZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-31


Mutiara Mahfuzah, 1610412220012, 2023, Pola Komunikasi Keluarga pada Ibu Pekerja yang Memiliki Anak saat Work From Home (WFH) di Kota Banjarbaru. Dibawah bimbingan Sarwani.

                        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Keluarga pada ibu yang memiliki peran ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga sekaligus pekerja terhadap anak. Subjek dalam penelitian ini memiliki tiga informan yaitu bu Nurzalina, Fatimah dan Indah.

                        Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi.

                        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga sebagai ibu pekerja yang memiliki peran ganda paling sering menggunakan pola komunikasi keluarga protektif, pola komunikasi keluarga konsensual, dan pola komunikasi keluarga laissez-faire. Namun, pola komunikasi yang lebih efektif digunakan adalah perpaduan antara pola komunikasi konsensual dan pola komunikasi protektif.

                        Pada keluarga dengan pola komunikasi keluarga protektif ditandai dengan rendahnya komunikasi dalam orientasi konsep, tetapi tinggi komunikasinya dalam orientasi sosial. Dan pada keluarga dengan pola komunikasi konsensual menekankan komunikasi berorientasi sosial maupun yang berorientasi konsep. Pola ini mendorong dan memberikan kesempatan untuk tiap anggota keluarga mengemukakan ide dari berbagai sudut pandang, tanpa mengganggu struktur kekuatan keluarga. adanya musyawarah mufakat. Sedangkan pola komunikasi laissez-faire ditandai dengan rendahnya komunikasi yang berorientasi konsep, artinya anak tidak diarahkan untuk mengembangkan diri secara mandiri, dan juga rendah dalam komunikasi yang berorientasi sosial.

             Kata Kunci : Pola Komunikasi Keluarga, Ibu dengan Peran Ganda,                Work From Home

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI