DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS SOSIAL NELAYAN DI BANTARAN SUNGAI DESA ANJIR SERAPAT MUARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:ILMA FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


Ilma Fatimah. 2023. Aktivitas Sosial Nelayan di Bantaran Sungai Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA Pembimbing II: Rusmaniah,M. Pd.

Lingkungan menjadi bagian penting kreativitas guru mengembangkan pembelajaran IPS dengan tuntutan kurikulum yang cenderung bersifat kompleks. Aktivitas sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang bersifat kontekstual, sehingga peserta didik dapat dilibatkan secara aktif dengan harapan materi yang diajarkan dapat tercapai secara optimal.

Tujuan  penelitian:1).Mendeskripsikan profil Desa Anjir Serapat Muara. 2).Mendeskripsikan aktivitas sosial nelayan di bantaran sungai Desa Anjir Serapat Muara. 3) Mendeskripsikan keterkaitan aktivitas sosial nelayan di bantaran sungai Desa Anjir Serapat Muara sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan  yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, representasi data dan selanjutnya verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji Credibility, Transferbility, Dependability dan Confirmability.

Hasil penelitian: 1). Gambaran umum Desa Anjir Serapat Muara. 2). Aktivitas sosial nelayan di bantaransungaiDesa Anjir Serapat Muara masihmemanfaatkansungaidalammenjalankan aktivitas sehari-hari, Diantaranya yaitu dalam melakukanaktivitas di bantaran sungai seperti gotongroyong, berkumpul bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Barito Kuala, dan yasinan.3).AktivitassosialnelayandibantaransungaiDesa Anjir Serapat Muara dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS kelas VII semester I pada materi pembelajaran interaksi sosial.

Simpulan penelitian yaitu aktivitas sosial nelayan di bantaran sungai Desa Anjir Serapat Muara bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS dikarenakan dapat mendukung kualitas proses pembelajaran khususnya pada materi interaksi sosial dikelas VII sekolah menengah pertama (SMP) yaitu pengertian interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, jenis-jenis interaksi dan bentuk-bentuk interaksi sosial.

KataKunci:Aktivitas, Nelayan,BantaranSungai,Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI