DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMP NEGERI 9 BANJARMASIN
PENGARANG:IIN KUSHARYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


ABSTRAK

Iin Kusharyanti. 2023. Evaluasi Program Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Di SMP Negeri 9 Banjarmasin Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd. (II) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi,. M.Pd

            Kata kunci : Evaluasi Program, Bimbingan Klasikal.

 

            Peranan layanan bimbingan klasikal disekolah sangat penting karena bimbingan klasikal merupakan salah satu strategi pemberian layanan pada jalur pendidikan formal yang bersifat pencengahan dapat membantu proses pencapaian kemandirian siswa. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berdasarkan hasil evaluasi meliputi aspek context,input, process dan product yang telah dilaksanakan oleh Guru BK di SMP Negeri 9 Banjarmasin.

            Jenis Penelitian ini adalah evaluatif model CIPP (context, input, process, product) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Sumber data penelitian ini adalah Guru BK dan Peserta didik.

Berdasarkan hasil evaluasi penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 9 Banjarmasin berjalan cukup baik sesuai dengan POP BK. Saran yang diberikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam layanan bimbingan klasikal agar dapat memberi dukungan serta membantu meningkatkan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan klasikal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI