DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:DIMAS ADITYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


Banyaknya tekanan pada siswa karena pandangan yang subjektif pada sebuah keadaan

akademik sering kali dikenal dengan istilah stress akademik. Siswa akan merespon

tuntutan sekolah yang menekan dirinya melalui pikiran, fisik, emosi, dan serta

perilaku. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan faktor yang

mempengaruhi stress akademik pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Banjarmasin.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif

yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2

Banjarmasin dengan jumlah sampel 280 siswa yang berasal dari seluruh total populasi

yang ada pada siswa kelas VII. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen

angket Stres akademik dengan 52 Item valid. Penentuan sampel berdasarkan teknik

sampel jenuh. Data dianalisis dengan uji statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini

didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi stres akademik pada siswa kelas VII di

SMP Negeri 2 Banjarmasin terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal.

Contoh dari faktor internal diantaranya yaitu kepercayaan, cara berpikir, serta

kepribadian.Contoh dari faktor eksternal yaitu ekspektasi orangtua, pelajaran yang

sangat banyak, dan standar sosial.Gambaran dari stres akademik berdasarkan kedua

faktor tersebut berada di kategori tinggi. Dengan indikator pola pikir pada faktor

internal dan indikator tekanan berprestasi tinggi pada faktor eksternal. Berdasarkan

hasil tersebut diharapkan siswa dapat berupaya untuk mengelola stres dengan baik dan

sehat dengan cara mengatur jam belajar yang baik untuk meminimalisir stres akademik

terjadi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI