DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | DIMAS ADITYA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-11-01 |
Banyaknya tekanan pada siswa karena pandangan yang subjektif pada sebuah keadaan
akademik sering kali dikenal dengan istilah stress akademik. Siswa akan merespon
tuntutan sekolah yang menekan dirinya melalui pikiran, fisik, emosi, dan serta
perilaku. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan faktor yang
mempengaruhi stress akademik pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Banjarmasin.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif
yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2
Banjarmasin dengan jumlah sampel 280 siswa yang berasal dari seluruh total populasi
yang ada pada siswa kelas VII. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen
angket Stres akademik dengan 52 Item valid. Penentuan sampel berdasarkan teknik
sampel jenuh. Data dianalisis dengan uji statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini
didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi stres akademik pada siswa kelas VII di
SMP Negeri 2 Banjarmasin terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal.
Contoh dari faktor internal diantaranya yaitu kepercayaan, cara berpikir, serta
kepribadian.Contoh dari faktor eksternal yaitu ekspektasi orangtua, pelajaran yang
sangat banyak, dan standar sosial.Gambaran dari stres akademik berdasarkan kedua
faktor tersebut berada di kategori tinggi. Dengan indikator pola pikir pada faktor
internal dan indikator tekanan berprestasi tinggi pada faktor eksternal. Berdasarkan
hasil tersebut diharapkan siswa dapat berupaya untuk mengelola stres dengan baik dan
sehat dengan cara mengatur jam belajar yang baik untuk meminimalisir stres akademik
terjadi.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI