DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TAMAN WISATA ALAM PULAU BAKUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:FAHRAZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


Fahrazi. 2023. Taman Wisata Alam Pulau Bakut Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Mahmudah Hasanah M.Pd, (2) Jumriani, M.Pd.

Penggunaan sumber belajar turut mempengaruhi keberhasilan tingkat pembelajaran karena materi sumber belajar disesuaikan dengan kondisi dimana pembelajaran akan diberikan contoh-contoh yang konkret sesuai dengan kondisi lingkungan. Pulau Bakut memiliki wisata alam dan dapat dijadikan sumber belajar dengan memberi kesempatan peserta didik  mengenal lebih dekat kondisi lingkungan alam.  Tujuan penelitian ini untuk; 1). Mendeskripsikan profil taman wisata alam pulau bakut dan 2). Mendeskripsikant taman wisata alam Pulau Bakut sebagai sumber belajar IPS.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari observasi tempat penelitian, wawancara dengan ketua resort Pulau Bakut, Anggota BKSDA, dan tenaga pendidik. Dokumentasi di lapangan berupa gambar dan  rekaman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dipakai perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi.

Hasil penelitian; 1) Taman Wisata Alam Pulau Bakut (TWA) merupakan satu diantara kawasan konservasi di Kalimantan Selatan yang merupakan habitat Bekantan dengan tipe ekosistem hutan mangrove dengan luas 15,58 ha berada di Sungai Barito tepatnya di bawah Jembatan Barito, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. TWA Pulau Bakut memiliki wisata alam yang terdapat flora dan fauna, dan terdapat tarian Mahelat Lebo dari Dayak Bakumpai serta kegiatan penanaman pohon Rambai. 2) TWA Pulau Bakut dapat dijadikan sumber belajar IPS pada materi IPS Kelas VII Semester I materi kondisi alam Indonesia  dan materi  potensi sumber daya manusia dan kemaritiman Indonesia.

Simpulan penelitian yaitu adanya wisata alam yang ada di TWA Pulau Bakut ini dapat dijadikan sumber belajar IPS untuk mewujudkan pembelajaran yang bersifat kontekstual, disini guru dituntut untuk kreatif dalam mendesain pembelajaran IPS.

Kata Kunci: Taman Wisata Alam, Pulau Bakut, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI