DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA AWAL BANTARAN SUNGAI PADA MASA AKHIR PANDEMI COVID-19
PENGARANG:MIFTAHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


ABSTRAK

Miftahul Jannah. 2023. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Remaja Awal Bantaran Sungai Pada Masa Akhir Pandemi Covid-19. Pembimbing : (I). M. Andri Setiawan, M.Pd (II). Eklys Cheseda Makaria, S.Pd., M.Pd

Bimbingan dan konseling merupakan sebuah layanan yang di berikan kepada peserta didik atau bahkan  konseli di mana didalamnya peserta didik atau  konseli mengalami sebuah masalah atau bahkan yang tidak. Layanan bimbingan dan konseling di berikan semua kepada para siswa atau konseling tanpa melihat ras, suku bahkan kulit, dimana dalam layanan ini maka semua data akan dirahasiakan. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Remaja Awal Bantaran Sungai Pada Masa Akhir Pandemi Covid-19.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan dengan 5 narasumber. Analisis data di gunakan yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter remaja awal bantaran sungai pada masa akhir pandemi ini (1) Pembentukan karakter peserta didik selama mengajar online. (2) Pembentukan karakter peserta didik selama mengajar tatap muka berlangsung. (3) Interaksi dan perilaku peserta didik dengan guru dan teman sebaya. (4) Pemberian informasi mengenai pembentukan karakter. (5) Interaksi dan perilaku peserta didik selama pembelajaran online dan tatap muka berlangsung. (6)Perilaku peserta didik dengan orang tua selama pandemi dan sesudah pandemi. (7) Peran orang tua dalam mengawasi peserta didik selama pembelajaran online berlangsung. (8) . Karakter peserta didik selama pembelajaran online dan tatap muka berlangsung.

Kata Kunci : Guru Bimbingan dan Konseling, Karakter Remaja Awal, Bantaran Sungai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI