DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN PADA SISWA DI SMAN 1 MARABAHAN
PENGARANG:ANNISA FARRAH DIBA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


Annisa Farrah Diba. 2023. Perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Urutan Kelahiran Pada Siswa Di SMAN 1 Marabahan. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd. (II) Faisal Rachman, M.Pd. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Urutan Kelahiran Penilitian ini memaparkan fenomena yang terjadi dengan adanya indikasi kemandirian belajar pada tingkat yang berbeda terhadap ketiga kelompok siswa yakni, anak sulung, anak tengah dan anak bungsu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari urutan kelahiran pada siswa di SMAN 1 Marabahan. Penelitian ini menggunkaan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah komparatif. Jenis data adalah data primer. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Marabahan. Jumlah populasi sebanyak 219 dan teknik penarikan sampel menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan uji persyaratan data melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way anova. Hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Marabahan pada kemandirian belajar menunjukkan pada indikator percaya diri adalah yang tertinggi. Pada hasil perbandingan kemandirian belajar yang ditinjau dari urutan kelahiran menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan di antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu pada siswa kelas XI MIPA dan IPS di SMAN 1 Marabahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI