DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FILM DOKUMENTER SEJARAH PERADABAN MESOPOTAMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK SISWA KELAS X IPS 4 DI SMA NEGERI 1 ALALAK
PENGARANG:Deny Setiawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


ABSTRAK

 

Deny Setiawan. 2019. Film Dokumenter Sejarah Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa Kelas X IPS 4 Di SMA Negeri 1 Alalak. Pembimbing I Drs.RusdiEffendi,M.Pd., Pembimbing II Melisa Prawitasari, M.Pd.

 

Peristiwa sejarah yang terjadi pada peradaban mesopotamia adalah sejarah yang berasal dari wilayah yang sekarang dikenal sebagai Negara Irak. Banyak peradaban dunia berawal dari Mesopotamia. Dalam upaya pembelajaran khususnya pada pelajaran sejarah terlebih dalam materi peradaban Mesopotamia, siswa banyak dihadapkan pada cerita sejarah yang panjang. Sehingga tak jarang membuat anak-anak merasa jenuh mempelajarinya. Terutama penelitian yang dilakukan di kelas X IPS di SMAN 1 Alalak, kebanyakan para siswa yang merasa jenuh dengan pembelajran seperti biasanya.

 

Banyak cara dilakukan untuk menarik minat siswa dalam belajar, salah satu media pembelajaran untuk menarik minat siswa dengan media Film Dokumenter. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan fungsi film dokumenter sebagai media pembelajaran sejarah peradaban Mesopotamia dalam bagi siswa SMAN 1 Alalak kelas X IPS; (2) Mendeskripsikan hasil dari optimalisasi film dokumenter sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswi SMAN 1 Alalak kelas X IPS 4.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana teknik pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dan siswi menjadi tertarik dalam pembelajaran karena pembelajaran ada berupa film-film dan gambaran serta menjadi lebih menarik. Siswa menjadi lebih faham dalam pembelajaran dengan dibuktikan melalui wawancara pada beberapa informan di kelas X IPS 4.

 

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah, Peradaban Mesopotamia, Film Dokumenter

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI