DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN POLA PEMUKIMAN TEPIAN SUNGAI DI KELURAHAN SUNGAI JINGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:AHMAD NAZHIF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


Nazhif, Ahmad, 1910416310006, 2023 “Kajian Pola Pemukiman Tepian Sungai di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara”. Dibimbing oleh Dr. Arif Rahman Nugroho, M.Sc.

            Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan karakteristik permukiman tepian sungai (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pola permukiman (3) mengetahui pola permukiman.

            Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Pengumpulan data melalui observasi lapangan, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data berupa uji validitas, uji realibilitas, interpretatif dan pola keruangan permukiman.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) karakteristik permukiman tepian sungai meliputi karakteristik fisik dan lingkungan alam, fisik dan lingkungan hunian, serta sosial ekonomi. Karakteristik fisik dan lingkungan alam terdiri dari topografi dan banjir; Fisik dan lingkungan hunian meliputi kepadatan bangunan tinggi, pola tata bangunan memanjang, dan kondisi bangunan non permanen; Sosial ekonomi yaitu mata pencaharian pertanian dan non formal, pendapatan 1.500.000 – 2.500.000, tingkat pendidikan tamat SD, serta kegiatan tahlilan. (2) Empat faktor yang menyebabkan pola permukiman yaitu budaya, lokasi, ekonomi, dan aksebilitas. Indikator yang paling mempengaruhi dari faktor budaya adalah keluarga yang tinggal disekitar permukiman karena prioritas utama akan diberikan pada kedekatan dengan anggota keluarga atau kerabat agar mereka dapat saling membantu dalam situasi sulit atau jika ada anggota keluarga yang memerlukan bantuan. dan faktor yang paling tidak mempengaruhi dari faktor aksebilitas adalah jarak permukiman menuju tempat kerja jauh. (3) Terdapat tiga pola permukiman yaitu pola mengelompok, pola menyebar, dan pola linear; Pola yang mendominasi yaitu pola linear. Hal tersebut disebabkan karena morfologi sungai, kedalaman sungai, kemudahan aksesibilitas dari dan menuju sungai serta faktor kekerabatan (hubungan keluarga).

 

Kata Kunci:

Permukiman tepian sungai, Karakteristik permukiman, faktor yang mempengaruhi, pola permukiman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI