DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN APARATUR DESA DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MAYA YUNIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


Maya Yuniarti. 2023. Peran Aparatur Desa Dalam Pelayanan Masyarakat Di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA. Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Pemerintah berperan penting dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, diantaranya fungsi sebagai pengatur sehingga terwujudnya tata tertib dalam  kehidupan masyarakat tersebut. Namun dalam pelaksanaan peran tersebut seringkali tidak maksimal. Minimnya pemahaman masyarakat terhadap pelayanan masyarakat yang diberikan oleh aparatur desa serta sistem koordinasi dengan aparatur desa dalam mengurus kepentingan di kantor desa yang belum dipahami oleh sebagian masyarakat. Peran aparatur desa menjadi wujud nyata yang ada dalam masyarakat Desa Anjir Serapat Muara 1 serta dapat dimuat pada materi pembelajaran IPS berbentuk sumber belajar. Adapun tujuan penelitian ini yakni: (1) untuk mendeskripsikan peran aparatur desa dalam pelayanan masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1. (2) untuk mendeskripsikan peran aparatur desa dalam pelayanan masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS.

Metode penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Uji keabsahan data menggunakan uji perpanjangan pengamatan,triangulasi, dan member check.

Hasil penelitian ini, aparatur desa berperan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat Desa Anjir Serapat Muara 1 untuk melaksanakan peranya aparat desa memiliki tugas yaitu pelaksanaan kegiatan pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat, pelayanan masyarakat, penyelenggaraan dan ketertiban umum, pemeliharaan prasarana dan fasilitas. Penelitian ini dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS SMP Kelas 7 pada materi interaksi sosial dan lembaga sosial berupa pembahasan mengenai pemerintah sebagai lembaga sosial Tata cara, Birokrasi atau prosedur sebagai aparatur desa yang menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1. Pada materi Mobilitas sosial di kelas 8 SMP.

Simpulan penelitian ini yakni di Desa Anjir Serapat Muara 1 yaitu aparatur desa yang memiliki tugas dan peran dalam melayani masyarakat, tertuang dalam tugas pokok kepala desa sebagai berikut :1) pelaksanaan kegiatan pemerintahan Desa, 2) Pemberdayaan masyarakat, 3) Pelayanan masayarakat, 4) penyelengaraan pemerintahan Desa, 5) Pemelihraan prasarana dan Fasilitas. Peran aparatur desa dalam pelayanan masyarakat yaitu pelayanan administrasi dan pelayanan umum berupa pelayanan kesehatan, pendidikan, keamanan dan lainya. Kegiatan aparatur Desa Anjir Serapat Muara 1 ini diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS SMP Kelas 7 pada materi interaksi sosial dan lembaga sosial dan Kelas 8 pada materi mobilitas sosial.

Kata Kunci: Aparatur Desa, Pelayanan Masyarakat, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI