DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL PEMAHAMAN DIRI SISWA SMA NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:HARRY WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


ABSTRAK

Harry Wahyudi. 2023. Profil Pemahaman Diri Siswa SMA Negeri 3 Banjarmasin. Pembimbing (1) Eklys Cheseda Makaria, S.Pd, M. Pd.

Kata Kunci : Pemahaman Diri, Siswa, Sekolah Menengah Atas.

 

Pemahaman diri adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi diri individu yang mencakup minat, abilitas, kepribadian, nilai, sikap, yang mana pengenalan atas pribadinya baik kelebihan dan kekurangannya sendiri merupakan seperangkat kemampuan atau komponen yang dimiliki individu yang bersifat potensial maupun aktual. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran Pemahaman Diri pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket pemahaman diri dengan skala likert, dengan jumlah sampel 216 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pemahaman diri siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Banjarmasin pada kategori sedang yang artinya siswa masih belum sepenuhnya mengembangkan pemahaman yang mendalam terhadap diri mereka sendiri, mereka masih dalam proses eksplorasi dan pemahaman tentang siapa mereka, minat apa yang mereka miliki, dan apa yang yang mereka inginkan dalam kehidupan mereka, serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi khususnya mengenai pemahaman diri siswa, sehingga dapat dijadikan referensi dan dapat dikembangkan menjadi lebih sempurna dalam penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI