DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI SMKN 3 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | ZADA RAMADHANA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-11-01 |
ABSTRAK
Zada Ramadhana. 2023. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Penerimaan Diri Siswa Di SMKN 3 Banjarmasin. Pembimbing (1) Eklys Cheseda Makaria,M.Pd; (2) Muhammad Arsyad, M.Psi.Psikolog
Kata Kunci: Dukungan Sosial, Penerimaan Diri
Kualitas paling penting yang perlu dimiliki siswa adalah penerimaan diri. Kegembiraan dan kepuasan terhadap diri sendiri, penerimaan terhadap diri sendiri secara fisik dan psikologis, penerimaan terhadap kenyataan, serta kemampuan menerima kelebihan dan kekurangan tanpa merasa kecewa merupakan indikator penerimaan diri. Anak-anak yang masih kesulitan menerima diri mereka sendiri kemungkinan besar akan bereaksi dengan rasa frustrasi dan kecewa karena mereka belum menemukan kedamaian dengan diri mereka sendiri dan di mana mereka tinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan dukungan sosial dengan penerimaan diri siswa di SMKN 3 Banjarimasin serta untuk mengetahui hubungan keduanya
Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dan metodologi kuantitatif. Dengan menggunakan tabel Isac dan Michel 1%, teknik sampel acak digunakan. Sampel penelitian yang dilakukan di kelas X SMKN 3 Banjarmasin ini berjumlah 341 orang dengan populasi 739 siswa. Kuesioner dukungan sosial Zimet dimodifikasi menjadi MSPSS yang memiliki 12 item valid, dan kuesioner penerimaan diri yang memiliki 26 item valid.
Dengan hasil korelasi nilai Sig p maka temuan uji hipotesis menunjukkan “Ha” diterima dan “Ho” ditolak. (2-Tailed) Nilai Pearson Correlation sebesar 0,261 pada posisi positif dan rendah, serta kedua variabel tersebut sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien korelasi positif menunjukkan adanya hubungan positif yaitu peningkatan dukungan sosial akan menyebabkan peningkatan penerimaan diri siswa.Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan acuan pada penelitian yang selanjutnya dan mengembangkan penelitian dengan jenis penelitian pengaruh atau komparatif dengan variabel lain, misalnya seperti pengaruh stastus ekonomi dengan penerimaan diri atau perbandingan penerimaan diri siswa berdasarkan umur
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI