DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS KELOMPOK WANITA TANI “KARYA BUNDA BERSAMA” DALAM PENGEMBANGAN OLAHAN NANAS DI DESA JELAPAT 2 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:ROHANI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-02


ABSTRAK

Rohani Safitri. 2023. Aktivitas Kelompok Wanita Tani “Karya Bunda Bersama“ dalam Pengembangan Olahan Nanas di  Desa Jelapat 2 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A. Pembimbing II: Mahmudah Hasanah, M. Pd.

 

Pembelajaran IPS memiliki sumber belajar yang luas, tidak hanya dapat menggunakan buku teks tapi berbagai hal dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS sehingga guru dapat mengembangkan berbagai sumber belajar dengan melihat lingkungan sekitar agar dapat dijadikan sumber belajar. Satu diantaranya dengan mempelajari tentang aktivitas ekonomi. Penelitian ini akan berkaitan dengan aktivitas ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi Kelompok Wanita Tani “Karya Bunda Bersama” dalam pengembangan olahan nanas di Desa Jelapat 2.

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui aktivitas Kelompok Wanita Tani “Karya Bunda Bersama” dalam pengembangan olahan nanas di Desa Jelapat 2 Kecamatan Mekarsari. (2) Untuk mengetahui keterkaitan aktivitas Kelompok Wanita Tani “Karya Bunda Bersama” dalam pengembangan olahan nanas dengan sumber belajar IPS.

Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah Desa Jelapat 2, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala. Instrumen penelitian peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, member check dan triangulasi.

Hasil penelitian terdapat aktivitas ekonomi Kelompok Wanita Tani “Karya Bunda Bersama” dalam memproduksi olahan yang terbuat dari nanas dengan adanya bangsal produksi dapat mempermudah dalam pembuatan olahan dari nanas. Dalam memproduksi buah nanas terdapat aktivitas ekonomi di dalamnya yaitu proses produksi berupa mengolah olahan nanas menjadi selai, jelly, manisan, sirup dan dodol. Pada proses distribusi dengan cara langsung dan tidak langsung dan dikonsumsi oleh masyarakat di sekitar Desa Jelapat 2. Kemudian dari proses produksi, distribusi dan konsumsi inilah maka dapat dikaitkan sebagai sumber belajar IPS.

Simpulan penelitian aktivitas ekonomi dalam pengembangan olahan nanas oleh Kelompok Wanita Tani “Karya Bunda Bersama” di Desa Jelapat 2. Hal ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Serta dapat mendukung kualitas proses pembelajaran khusus pada kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi) kelas 7 pada tingkat SMP.

 

Kata Kunci: Aktivitas, kelompok wanita tani, sumber belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI