DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH HARDINESS TERHADAP STRESS AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI NURBIDASARI ALIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-02


ABSTRAK

Siti Nurbidasari Aliyah. 2023. Pengaruh Hardiness Terhadap Stres Akademik Pada SiswaSMPNegeri10Banjarmasin.Pembimbing:(I)MuhammadArsyad,M.Psi., Psikolog.(II)Dr. Novitawati., S.psi., M.Pd.

KataKunci: Hardiness,Stres Akademik,Siswa

Saat ini pendidikan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini rentan memicu terjadinya stres pada siswa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sangat diperlukan upaya untuk meringankan atau mengelola stres agar tingkat stres pada siswa berkurang. Ada beberapa faktor yang dapat mengurangi efek dari stres salah satunya yaitu hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hardinessterhadap stres akademik pada siswaSMP Negeri 10Banjarmasin.

Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh.Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Banjarmasin dengan alat pengumpulan data berupaangket hardiness dan angket stres akademik. Populasi pada penelitian ini berjumlah 526dengan total sampel 227 siswa.Teknik penarikan sampel menggunakan teknikrandom sampling.Metode pengumpulan data menggunakan skala stres akademikdan hardiness dan teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Didapatkan hasil rata-rata siswa memiliki hardiness dengan kategori sedang. Namun juga tingkat stres akademik yang dimiliki siswa berada dalam kategori sedang. Dan hasil uji analis data dengan nilai probabilitas sebesar 0,697 > 0,05 yang artinya Haditolak dan Hoditerima..

Makadapatdisimpulkanbahwa tidak ada pengaruh hardiness terhadap stres akademik siswa. Artinya stres akademik yang terjadi di SMP Negeri 10 Banjarmasin tidak dipengaruhi oleh hardiness namun dipengaruhi oleh faktor lainnya. Saranbagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmencarikemungkinanfaktorlainyangberpengaruhterhadapstres akademik. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI