DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Citra Perempuan pada Novel 'MAY' Karya Sandi Firly
PENGARANG:SRI WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-02


Citra perempuan merupakan wujud gambaran, mental, spiritual dan tingkah laku yang terekspresi oleh perempuan. Wujud dari berbagai aspek fisik, psikis, dan sosial. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan citra perempuan pada Novel “MAY” Karya Sandi Firly.

 

Penelitian ini berjenis  penelitian deskriptif-kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian ini diambil dari kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam sumber data. Sumber data penelitian ini yaitu Novel “MAY” Karya Sandi Firly. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi. 

 

Berdasarkan hasil analisis tentang tokoh perempuan dalam novel pada novel “MAY” Karya Sandi Firly didapatkan kesimpulan dalam data di atas terdapat tiga diri perempuan aspek sosial, pisikis dan fisik, digambarkan sebagai perempuan yang kuat dan pantang menyerah. Aspek sosial menggambarkan keadaan cerita dalam novel seperti latar ataupun keadaan sosial yang ada dalam alur cerita. Dalam segi psikis menceritakan tentang keadaan tokoh dalam novel saat mengalami keadaan psikis yang menjadi beban pikiran atau merasuk dihati. Citra dalam novel ini adalah menceritakan kodrat perempuan yang harus menghadapi liku-liku cerita kehidupan, perempuan yang harus kuat dan tahan terhadap godaan serta perempuan harus bisa dalam segala hal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI