DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Keagaaman Masyarakat Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:TAUFIK RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-03


Taufik Rahman. 2023. Aktivitas Keagamaan Masyarakat Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum. dan Pembimbing II: Jumriani, M. Pd

 

Sumber lokal berupa lingkungan dan budaya di sekitar siswa diperlukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Berdasarkan pemanfaatannya, lingkungan tidak terbatas pada lingkungan fisik tetapi juga lingkunngan nonfisik belum dimanfaatkan secara optimal di dalam pembelajaran IPS sehingga perlu dilakukan penelitian tentang sumber belajar IPSyang berasal langsung dari lingkungan peserta didik. Sejalan degan hal tersebut di Desa Anjir Serapat Muara terdapat aktivitas keagamaan yang belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar padahal kegiatan itu berpotensi sebagai pengetahuan atau sumber belajar bagi siswa.

 

            Tujuan penelitian ini: 1). Mendeskripsikan profil Desa Anjir Serapat Muara. 2). Mendeskripsikan aktivitas keagamaan masyarakat Anjir Serapat Muara. 3). Mendeskripsikan aktivitas keagamaan masyarakat Anjir Serapat Muara sebagai sumber belajar IPS.

 

            Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya peneliti sendiri, pedoman observasi dan wawancara, alat perekam, serta alat tulis. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

 

Hasil Penelitian ini yaitu 1). Desa Anjir Serapat Muara Kec. Anjir Muara  Kab. Barito Kuala. Memiliki jumlah penduduk sebanyak 1814 jiwa yang terbagi di 8 RT. Seluruh penduduk Desa Anjir Serapat Muara menganut agama yang sama yakni agama Islam.2). Aktivitas Keagamaan Anjir Serapat Muara yaitu Salat Berjemaah, Madrasah Diniyah Awaliyah, Maulid Habsyi, Pengajian Majelis Taklim, Yasinan Al-Hidayahdan YasinanAssifa, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi’raj, Salat Idul Fitri, dan Salat Idul Adha. 3). Aktivitas keagamaan masyarakat Anjir Serapat Muara dapat di manfaatkan ke dalam proses pembelajaran IPS yaitu sebagai sumber belajar IPS kelas VII Semester I pada materi interaksi sosial, lembaga sosial dan keanekaragaman etnik dan budaya.

 

Simpulan penelitian ini terdapat 10 aktivitas keagamaan Anjir Serapat Muara yang kemudian beberapa kegiatan dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS dikarenakan berpotensi meningkatkan kualitas proses pembelajaran khususnya pada materi Interaksi sosial, Lembaga sosial, dan Keberagaman etnik dan budaya di kelas VII semester I sekolah menengah pertama (SMP).

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas Keagamaan, Masyarakat, IPS, Sumber belajar IPS.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI