DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA PETERNAKAN ITIK DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:PUTERI MULYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-03


Puteri Mulyani. 2023. Usaha Peternakan Itik Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Pembimbing 1 Prof. Bambang Subiyakto, M.Hum. dan pembimbing II Rusmaniah, M.Pd.

 

            Materi IPS begitu beragam satu diantaranya mengenai kegiatan ekonomi yang terdapat mengenai produksi, distribusi dan konsumsi. Pada materi IPS dianjurkan dalam penerapan di dalam kelas tidak hanya bersumber dengan mengandalkan buku teks saja, namun juga perlu adanya keterkaitan dengan kegiatan ekonomi yang ada pada lingkungan sekitar peserta didik. Seperti di Anjir Serapat Muara 1, terdapat usaha yang dilakukan peternak itik. Maka hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada bagian materi pembelajaran IPS yaitu mengenai kegiatan ekonomi.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah,  1) mendeskripsikan usaha peternakan itik di Desa Anjir Serapat Muara 1, 2) mendeskripsikan pendapatan dari usaha peternakan itik, 3) mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar IPS dalam  usaha peternakan itik Desa Anjir Serapat Muara 1.

 

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian yaitu: Kepala Desa Anjir Serapat Muara 1, Peternak Itik, Guru IPS dan Dosen IPS. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Sumber data ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan menyimpulkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu, serta perpanjang pengamatan.

 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Usaha peternakan itik terdapat proses kegiatan ekonomi yang terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi. 2) pendapatan dari beternak itik pada setiap peternaknya terdapat perbedaan tergantung penjualan yang mereka lakukan kepada pengepul, peternak itik hanya dapat menjual itik tiga bulan sekali. 3) Pemanfaatan sumber belajar IPS dalam usaha peternakan itik memiliki keterkaitan dengan materi IPS di Kelas VII tentang kegiatan ekonomi mengenai produksi, distribusi dan konsumsi.

 

            Berdasarkan hasil penelitian sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha peternakan itik Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS, terdapat keterkaitan dengan materi IPS di kelas VII mengenai kegiatan ekonomi yaitu produksi,distribusi dan konsumsi.

 

Kata Kunci : Peternakan itik, Sumber Belajar IPS, dan Anjir Serapat Muara 1 


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI