DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KELOMPOK SOSIAL DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:SELVI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-03


ABSTRAK 

Selvi 2023.Kelompok Sosial Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum dan Pembimbing II: Jumriani, S. Pd., M. Pd.

Seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sumber belajar IPS. Satu diantaranya dengan memanfaatkan berbagai kelompok sosial yang ada didalam masyarakat. kelompok sosial dapat ditemui di berbagai daerah diantaranya desa Anjir Serapat Muara 1Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan profil Desa Anjir Serapat Muara 1Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. 2) Mendeskripsikan  kelompok sosial diDesaAnjirSerapatMuara1 Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. 3) Mendeskripsikan kelompok sosial diDesaAnjirSerapatMuara1 Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatandalamsumber belajar IPS.

Metode penelitian adalah metode kualitatif dalam penelitian ini berusaha menggambarkan kelompok sosial di Desa Anjir Serapat Muara 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah penelitian sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, alat perekam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) Desa Anjir Serapat Muara 1 merupakan desa di Kecamatan Anjir Muara berada di bagian Selatan dari Ibu kota Kabupaten Barito Kuala, memiliki Luas wilayah wilayah Desa Anjir Serapat Muara 1 adalah 15,05 km² yang terdiri dari 08 RT. Desa Anjir Serapat Muara I berada pada ketinggian 0,2 – 3 mdpl yang kemampuan dan kesuburan tanahnya dipengaruhi oleh pasang surut air dan sebagian tergenang dan didominasi oleh rawa. 2) Desa Anjir Serapat Muara 1 terdapat kelompok sosial yaitu PKK, Karang Taruna, Rescue Redline, Rukun Kematian rukun kematian khusus perempuan Rt 1, 2, 3,dan4, dan Rukun Kematian rukun kematian laki- laki Rt 1 dan 2. 3) kelompok sosial Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat menjadi sumber pembelajaran IPS SMP dalam materi Pluralitas masyarakat Indonesia dan interaksi sosial

Simpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas kelompok sosial dari hasil penelitian ini ada lima kelompok sosial diantaranya: PKK, Karang Taruna, Rescue redline, Rukun kematian laki- laki dan rukun kematian khusus perempuan berbagai kelompok sosial tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS di SMP.

 

Kata Kunci:Masyarakat Anjir Serapat Muara 1 aktivitas, kelompok sosial,Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI