DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS EKONOMI PETANI JERUK DI DESA KARANG BUAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:DESY DAHRINA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-03


Petani jeruk merupakan satu di antara usaha yang paling banyak di Desa Karang Buah. Terdapat berbagai aktivitas ekonomi satu dianataranya yaitu kegiatan produksi. Aktivitas ekonomi tersebut dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS seperti materi aktivitas ekonomi produksi. Kegiatan ekonomi ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS kelas VII. Hal itu yang menyebabkan peneliti memilih untuk melakukan penelitian pada aktivitas ekonomi petani jeruk di Desa Karang buah dengan mengaitkan pada sumber belajar IPS.

Tujuan penelitian: 1). Mendeskripsikan aktivitas ekonomi petani jeruk di Desa Karang Buah. 2). Mendeskripsikan aktivitas ekonomi petani jeruk di Desa Karang Buah yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sebagai penarikan simpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability, dan dependability.

Hasil penelitian terdapat 1). Aktivitas ekonomi di kebun jeruk secara garis besar ada kegiatan ekonomi berupa kegiatan produksi yang dilakukan petani jeruk. Aktivitas ekonomi yang terkandung yaitu berupa kegiatan produksi yang dimana petani membeli sendiri bibit pohon jeruk yang akan di tanam kemudian melakukan proses perawatan hingga pemanenan buah jeruk. 2). Aktivitas ekonomi yang dilakukan petani jeruk seperti produksi. Aktivitas yang terjadi di kebun jeruk Desa Karang Buah juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Sumber belajar IPS yang terdapat pada aktivitas ekonomi juga dapat dimanfaatkan di sekolah SMPN 4 Belawang. Aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh petani jeruk lalu yang membeli masyarakat Desa Karang Buah yang datang langsung ke kebun jeruk.

Simpulan penelitian yaitu aktivitas ekonomi petani jeruk dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS dikarenakan dapat mendukung proses pembelajaran khususnya pada materi kegiatan ekonomi di SMP kelas VII yaitu kegiatan produksi yang dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS.

 

Kata Kunci: Aktivitas Ekonomi, Petani Jeruk, Sumber Belajar IPS


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI