DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENGENAL KEAKSARAAN AWAL MELALUI KOMBINASI MODEL FICTURE AND PICTURE DAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TERPADU AL MUHAJIRIN
PENGARANG:RATMA WILYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-06


ABSTRAK
Wilyani Ratma. 2023.“Mengembangkan Keterampilan Keaksaraan Awal dengan Kombinasi Model Picture And Picture dan Model Make A Macth dengan Media Flash Card Pada Kelompok A Paud Terpadu AL Muhajirin”. Skripsi Program S1 Pedidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Mohammmad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd
 
Kata Kunci : Keaksaraan, Picture And Picture,Make A Macth
, Media Flash Card
 
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan keaksaraan awal pada anak belum berkembang secara optimal dikarenakankurangnya minat belajar anak pada pembelajaran. Hal ini di sebabkan Dalam pembelajaranhanya mengajarkan membaca, menulis dan berhitung tanpa adanya pengenalan tentang kekasaran awal pada anak, pembelajaran kurang menarik, dan anak tidak fokus dalam pembelajaran. Solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu menggunakan kombinasi model picture and picture, make a macth, dan media flash card. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil peningkatan capaian perkembagan anak di Paud Terpadu AL Muhajirin.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 4 kali pertemuan, setting penelitian dilakukan pada anak kelompok A PAUD AL MUHAJIRIN yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data di lakukan secara deskriptif kualitatif dengan lembar observasi dan rubrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 24 dengan kategori “ Baik”, pada pertemuan 2 mendapatkan skor 25 dengan kategori “baik”, pada pertemuan 3 mendapatkan skor 26 dengan kategori“Baik” dan pada pertemuan 4 mendapatkan skor 28 dengan kriteria ‘Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak pertemuan 1 dengan persentase 42% dengan kriteria kurang aktif, pertemuan 2 dengan presentase 67% dengan kategori aktif, pertemuan 3 dengan persentase 75% dengan kategori aktif, dan pertemuan 4 dengan persentase 100% dengan kriteria sangat aktif. (3) Hasil perkembangan keaksaraan awal mengalami peningkatan dan pada pertemuan 4 mencapai 100% dengan kategori BSB.
Berdasarkan hasil penelititan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kombinasi picture and picture, make a match dan media flash card dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivtas anak dan hasil perkembangan anak menjadi sangat baik. Disarankan bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan referensi.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI