DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMIMPIN DENGAN MEDIA VR BOX DAN APLIKASI KAHOOT SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 2
PENGARANG:AJENG RAHMA SUGIARTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-06


Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang monoton dan tidak menyenangkan dan minim aktivitas dan interaksi saat proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran PEMIMPIN (Problem Based Learning, Make a Match dan Numbered Head Together) dengan menggunakan media VR box dan aplikasi Kahoot. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Gambut 2 Kab.Banjar tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 15 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa dan motivasi belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari kriteria “cukup aktif” menjadi “sangat aktif”. Observasi Motivasi Belajar Siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari kriteria “kurang tinggi” menjadi “sangat tinggi”. Angket Motivasi Belajar Siswa pada pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan dari kriteria “kurang tinggi” menjadi “sangat tinggi”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model PEMIMPIN dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa dan dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI