DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR: ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS TENTANG MENGENAL PENGARUH PERUBAHAN INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN NEGARA-NEGARA ASEAN DENGAN KOMPETENSI DASAR
PENGARANG:SAUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-08


ABSTRAK

Saudah 2022. studi literatur: analisis materi pembelajaran ips tentang mengenal pengaruh perubahan interaksi keruangan dalam kehidupan negara-negara asean dengan kompetensi dasar Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I:Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd. dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd

Asean merupakan organisasi perhimpunan bangsa-bangsa di kawasan asia tenggara, berdiri pada tahun 1967 dalam Deklarasi Bangkok. Pendirian organisasi ASEAN ditujukan untuk menciptakan wilayah Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan oleh para pendirinya. Pada tanggal 31 Desember 2015 secara resmi diberlakukannya Masyarakat ASEAN, dengan tujuan menciptakan masyarakat yang berfikiran maju, damai, stabil, sejahtera, demokratis, saling peduli dan melindungi hak asasi keadilan sosial.

Buku teks mempunyai peran penting dalam pembelajaran sebagai sumber belajar di kelas. Buku teks digunakan sebagai sumber pembelajaran yang menentukan pencapaian tujuan dari pembelajaran tersebut. Buku teks harus digunakan sebagai bahan referensi dalam modul pembelajaran. Informasi dalam buku teks harus mencakup penjelasan yang membantu perolehan keterampilan dasar. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran dibuat dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik dari materi yang telah ditentukan.Tujuan penelitian: 1) Menjelaskan deskripsi materi Karakteristik Interaksi Keruangan di Negara-negara ASEAN2). Menjelaskan analisis materi pengaruh perubahan interaksi keruangan di Negara-negara ASEAN dengan kompetensi dasar.

Penelitian ini menggunakan metode Desain Penelitian, dari metode tersebut dihasilkan materi ajar yang bersub temakan tentang “Pengaruh perubahan dan interaksi keruangan terhadap kehidupan di Negara-negara ASEAN” dan secara keseluruhan materi ajar tersebut sudah cukup layak untuk diajarkan kepada peserta didik karena telah sesuai dengan tujuan serta karakteristik pembelajaran IPS.

Kata Kunci:Analisis materi, Buku Teks, Interaksi keruangan, Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI