DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gaya Kepemimpinan Perempuan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:FARHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-13


ABSTRAK

Farhan, 1910413210038, Gaya Kepemimpinan Perempuan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah Bimbingan Ibu Siti Mauliana Hairini

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan perempuan sebagai kepala dinas di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan dalam memimpin organisasi.

 Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Agar data yang diperoleh sesuai dengan penelitian ini, digunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan memiliki dan menjalankan empat dimensi kepemimpinan transformasional yakni Pengaruh Idealisasi, Stimulasi Intelektual, Perhatian Individu dan Motivasi Inspirasi dalam memimpin Dispersip Kalsel. Dengan menjalankan kepemimpinan transformasional kepala dinas mampu membawa kemajuan pada Dispersip Kalsel jika dibandingkan dengan kepala dinas sebelumnya. Hal ini terbukti dari banyaknya penghargaan, prestasi dan pengakuan yang diraih oleh Dispersip kalsel. 

 Penulis menyarankan kepada kepala dinas dan seluruh karyawan Dispersip Kalsel untuk merawat dan meningkatkan seluruh fasilitas yang sudah ada karena beberapa fasilitas telah menurun fungsinya. Karyawan juga diharapkan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung dan jangan sampai membuat pengunjung kecewa dengan pelayanan yang diberikan. Karena perpustakaan tanpa para pembaca sama saja dengan kesia-siaan. 

Kata kunci: kepala dinas, kepemimpinan, kepemimpinan transformasional

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI