DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA MATA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN SEMANGAT DALAM 3 BATOLA
PENGARANG:MUHAMMAD FIRMANSYAH MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-13


PENGEMBANGAN  MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA MATA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN SEMANGAT DALAM 3 BATOLA

Muhammad Firmansyah Maulana, Agus Salim, Adrie Satrio

Universitas Lambung Mangkurat 

Firmans0599@gmail.com, agus.salim@ulm.ac.id, adrie.satrio@ulm.ac.id

 

Abstrak

Kurangnya dalam memanfaatkan media pembelajaran mengakibatkan kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran. Permasalahan yang didapat membuat peneliti mencari solusi dengan menghadirkan media pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran berlangsung untuk terciptanya pembelajaran yang berinovasi.  Melalui pengembangan media pembelajaran Huruf Hijaiyah dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran Huruf Hijaiyah pada mata pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi huruf hijaiyah kelas VI SDN Semangat Dalam 3 Batola, (2) Mengetahui minat belajar peserta didik kelas VI SDN Semangat Dalam 3 Batola setelah menggunakan media pembelajaran Huruf Hijaiyah pada mata pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi huruf hijaiyah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunak model Research and Development (R&D). Menggunakan tahapan prosuder 4-D yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan,dan mendistribusikan dibuat sesuai kebutuhan. Penelitian ini melibatkan 2 ahli media dan 2 ahli materi. Hasil dari validasi ahli media dan ahli materi dapat diperoleh bahwa media pembelajaran mendapatkan kriteria layak digunakan.

Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, baca tulis Al-qur’an, minat belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI