DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ETIKA BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA GENERASI Z DI KOMPLEK HERLINA PERKASA, KELURAHAN SUNGAI ANDAI, KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RINA MARSELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-13


Rina Marsela, 2023, Etika Berkomunikasi di Media Sosial Instagram Pada Generasi Z di Komplek Herlina Perkasa, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Reski P.

Kata Kunci : Komunikasi, Etika, Media Sosial Instagram, Generasi Z.

 Dalam sebuah komunikasi di media sosial tentu harus memiliki etika, etika adalah studi mengenai salah atau benar dalam manusia bertingkah laku sesuai moral, etika penting untuk menjaga ketertiban saat berkomunikasi di ruang online, namun nyatanya tidak semua pengguna media sosial dapat menerapkan etika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kurang beretika di media sosial instagram pada generasi Z di Komplek Herlina Perkasa, Blok Keruwing, Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara. (2) mengetahui pengetahuan tentang etika komunikasi di media sosial instagram pada generasi Z di Komplek Herlina Perkasa, Blok Keruwing, Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara.

 Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data menggunakan teknik purposive sampling dan snowball. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, 4 diantaranya merupakan generasi Z serta 4 informan tambahan yaitu orang tua dan teman sebaya informan generasi Z. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data di lakukan dengan tringulasi sumber dan tringulasi teknik

 Hasil penelitian ini yaitu (1) Faktor- faktor yang mempengaruhi kurang beretika di media sosial instagram pada generasi Z di Komplek Herlina Perkasa, Blok Keruwing, Kelurahan Sungai Andai yaitu faktor pergaulan teman sebaya, faktor orang tua dan faktor media sosial instagram. (2) Pengetahuan etika di media sosial pada generasi Z di Komplek Herlina Perkasa, Blok Keruwing, Kelurahan Sungai Andai yaitu memiliki pengetahuan terkait etika secara umum, akan tetapi kurang mampu menerapkannya saat bermedia sosial instagram.

 Dari penelitian ini disarankan bagi generasi Z dalam upaya menghilangkan kebiasaan berkata kasar di media sosial yaitu dapat menghindari teman yang sering berkata kasar. Bagi orang tua untuk lebih memperhatikan anak dan menegur anak jika berkata kasar. Selanjutnya bagi pemerintah terkhusus KOMINFO agar lebih intens lagi melakukan sosialisasi tentang etika yang baik dalam komunikasi dan dampak hukum UU ITE Pasal 27 ayat 3 bagi masyarakat jika berkata kasar.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI