DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANGKATAN 2018 FKIP ULM BANJARMASIN
PENGARANG:FENDI EFRIZAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-13


Efrizal Fendi , 2023. Penggunaan Tiktok di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM Banjarmasin Angkatan 2018. Tesis Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pemandu (I) Syahlan Mattiro, Pemandu (II) Cucu Widaty

 

Kata Kunci: TikTok, Pendidikan Sosiologi, Sumber Belajar Alternatif, Era Digital

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan TikTok pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi ULM Angkatan 2018, menggali dan menganalisis peran TikTok sebagai sumber alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Sosiologi di era digital.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana TikTok digunakan dikalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM Banjarmasin Angkatan 2018 .

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TikTok dapat berperan signifikan dalam pembelajaran Pendidikan Sosiologi di era digital. Mahasiswa Pendidikan Sosiologi memanfaatkan TikTok sebagai sumber alternatif untuk memperoleh informasi tambahan, berbagi ide, dan berinteraksi dengan teman sejawat dan calon guru. Mereka pun memanfaatkan TikTok sebagai media hiburan untuk mengisi waktu luang. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran. Tantangannya antara lain kualitas konten yang bervariasi, sumber informasi yang tidak bijak.

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi mahasiswa dalam meningkatkan dan memberikan edukasi terhadap perkembangan media sosial yaitu TikTok untuk perkembangan kemajuan pendidikan khususnya Program Studi Pendidikan Sosiologi tahun 2018. Penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca dan penelitian selanjutnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan. .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI