DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UNTUK MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL EDUCATE DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN KUIN UTARA 7
PENGARANG:SUTAN ARIEF WANDHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-14


Wandhani, Sutan Arief. (2023).Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Menggunakan Model EDUCATE dan Media Audio Visual di SDN Kuin Utara 7. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Muhsinah Annisa, S. Si. M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Karakter Peduli Lingkungan, Model EDUCATE, Media Audio Visual

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran kurang menarik sehingga siswa pasif dalam pembelajaran, yang mana saat pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang belum berani mengungkapkan pendapat, hanya sedikit siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran dan suasana belajar yang cenderung membosankan dan kurang bervariatif, juga kurangnya penerapan teknologi pada pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahn tersebut ialah dengan menerapkan model pembelajaran EDUCATE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa serta penanaman karakter Peduli Lingkungan menggunakan model pembelajaran EDUCATE dan Media Audio Visual.

    Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Kuin Utara 7 yang berjumlah 17 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan ketiga mencapai skor 44 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat disetiap pertemuan hingga pertemuan ketiga dengan ketuntasan klasikal 82% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Karakter peduli lingkungan siswa meningkat disetiap pertemuan hingga pertemuan ketiga dengan ketuntasan klasikal 88% dengan kriteria “Membudaya”. Hasil belajar siswa meningkat disetiap pertemuan hingga peretemuan ketiga dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria “Sangat Baik”.

    Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model EDUCATE dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar siswa dan karakter peduli lingkungan. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, pendidik dan peneliti lain adalah hendaknya agar penelitian dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, karakter peduli lingkungan dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI