DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Kebijakan Program Kota Bernuansa Serambi Madinah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2023
PENGARANG:BENI AHMAD SABILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-14


ABSTRAK

Beni Ahmad Sabilah. 1910413110019. Evaluasi Kebijakan Program Kota Bernuansa Serambi Madinah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2023. Dibimbing oleh Abdurrahman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi kebijakan program kota bernuansa serambi madinah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori evaluasi kebijakan menurut Dunn (2003) yang terdiri dari enam aspek yaitu efektivitas, efisiensi, kecakupan, perataan, responsifitas dan ketepatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kebijakan program kota bernuansa serambi madinah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2023 dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat dari analisis berdasarkan teori, yaitu teori evaluasi kebijakan pada semua aspek telah dilakukan sesuai dengan ketentuan dan berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dengan menggunakan teori evaluasi kebijakan oleh Dunn (2003) diketahui bahwa aspek efektivitas menunjukkan bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu baik aparatur pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat umum merupakan alternatif yang digunakan dalam mencapai efektivitas kebijakan. Aspek efisiensi diketahui bahwa pemerintah lebih berfokus pada pengembangan sdm, dan pengembangan infrastruktur mengikuti dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Aspek kecukupan bahwa program ini telah dirasakan oleh masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut. Aspek perataan dalam program ini pembangunan baik dari segi sdm maupun infrastruktur sudah diupayakan merata keseluruh daerah namun memang masih bertahap karena masih program berjalan. Aspek responsifitas dimana program ini disambut baik oleh masyarakat dan partisipasi masyarakat yang cukup tinggi. Dan aspek ketepatan, bahwa program ini dirasa sudah tepat mengingat mayoritas masyarakat beragama islam namun dengan tetap memperhatikan dan menjunjung tinggi toleransi beragama dilingkungan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kata Kunci : Evaluasi, Kebijakan, Serambi Madinah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI