DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN DUKUNGAN SOSIAL ANTAR CLIQUE PERTEMANAN PADA KOMUNITAS DANCE WINNER PRODUCTION DI GOR HASANUDDIN KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ALVIN FERDIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-14


Komunitas Dance Winner Production merupakan perkumpulan bagi mereka yang menyukai atau hobi dengan tari modern (dance). Walau disebut komunitas, hal itu tidak serta merta anggota-anggota di dalamnya saling mengenal satu sama lain dan pasti selalu ada yang namanya kelompok kecil klik (clique) di manapun termasuk komunitas ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku komunikasi yang terjalin antar clique pada komunitas Dance Winner Production. (2) bentuk-bentuk dukungan sosial yang dibangun antar clique pada komunitas Dance Winner Production.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang informan. Dengan kriteria informan yang ditentukan yaitu anggota komunitas Dance Winner yang sudah lama berada di dalam kelompok kecil klik (clique). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengajian keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Perilaku komunikasi yang terjalin antar clique pada komunitas Dance Winner Production yakni berupa komunikasi verbal secara langsung berupa (a) mengungkapkan perasaan (b) mengungkapkan emosi (c) menyampaikan gagasan (d) berdebat (e) bertengkar. Dan secara tidak langsung dilakukan melalui aplikasi whatsApp dan Instagram. Dan yang kedua komunikasi nonverbal yakni berupa anggukan kepala, senyuman dan salaman. (2) Selanjutnya bentuk-bentuk dukungan sosial yang dibangun antar clique pada komunitas Dance Winner Production yakni berupa (a) dukungan emosional, (b) dukungan penghargaan dan (c) dukungan instrumental.

Berdasarkan dari hasil penelitian, disarankan kepada (1) Bagi anggota komunitas Dance Winner Production untuk merekatkan ikatan pertemanannya agar terjalin suatu hubungan yang baik antar anggota. (2) Bagi universitas, disarankan hendaknya lebih menyempurnakan danmengembangkan penelitian tentang perilaku komunikasi dalam membangun dukungan sosial antar clique pertemanan serta dijadikan sumber referensi bagi semua pihak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI