DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPS TEMA 8 MODEL PRINTING BERBASIS TPACK SISWA KELAS V SDN KELAYAN DALAM 7 BANJARMASIN
PENGARANG:AMALIA HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-14


Handayani, Amalia. 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Tema 8 Model PRINTING Berbasis TPACK kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Motivasi, Berpikir Kritis, PRINTING

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, motivasi,dan keterampilan berpikir kritis dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa, memacu motivasi siswa untuk berpikir kritis dan berkomunikasi. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran PRINTING (Problem Based Learning, Number Head Together,dan Talking Stick). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan mootivasi siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 28 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa, motivasi, dan keterampilan berpikir kritisi. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja siswa dan evaluasi. Analisis data menggunakan tipe analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV memperoleh kriteria “sangat tinggi”. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IVmeningkat dari kriteria“kurang tinggi” menjadi “sangat tinggi”. Motivasi siswa pertemuan I memeroleh kriteria “kurang tinggi” menjadi “sangat tinggi” “Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan I sampai IV meningkat dari kriteria “kurang terampil” menjadi “sangat terampil”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan secara klasikal.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model PRINTING dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi, serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, berpikir kritis dan berkomunikasi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI