DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN DRAMATURGI UNTUK MATA KULIAH APRESIASI SASTRA DI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
PENGARANG:MUHAMMAD RIZALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-14


Rizaldi, Muhammad Rizaldi. 2023. Penerapan Dramaturgi untuk Mata Kuliah Apresiasi Sastra di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing Pertama: Dewi Alfianti, M. Pd; Pembimbing Kedua:

Kata Kunci: dramaturgi, apresiasi sastra, drama

Penelitian ini ditujukan untuk para pelaku, praktisi, pelajar dan peneliti yang berkegiatan dalam kesenian drama. Mendeskripsikan penerapan dramaturgi dan bagaimana penerapannya dalam pengajaran seni pemeranan drama. Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran drama yang terlalu menyeluruh dengan materi yang terlalu banyak untuk ditelaah dalam waktu yang singkat.

Penelitian berbentuk kualitatif deskriptif. Data-data yang dikumpulkan berasal dari praktik penyelenggaraan drama dalam rangka pengambilan nilai ujian akhir para mahasiswa di mata kuliah Apresiasi Sastra dan menggunakan teori Dramaturgi khususnya di bidang pemeranan berupa tiga dimensi pembentuk tokoh dan menggunakan pendekatan penelitian langsung oleh peneliti yang terlibat dalam proses pementasan drama.

Hasil penelitian menunjukkan Dramaturgi bisa diterapkan di mata kuliah apresiasi sastra lewat penyampaian materi dilanjutkan dengan praktek langsung selama proses penggarapan drama. Akhirnya, para pemeran memahami apa itu fisiologis, sosiologis dan psikologis, dan ada data pencapaian dari para pemeran menurut pemeran sendiri berupa penjelasan proses dan penjelasan pemahaman, serta data wawancara langsung kepada penonton sekaligus praktisi yang menonton seluruh pementasan termasuk rangkuman hasil pencapaian menurut indikator penelitian berdasarkan teori tiga dimensi tokoh dalam Dramaturgi.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI