DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM E-PARKIR DALAM LAYANAN JASA PARKIR DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-15


Maulidia Rahmah, 1910411220014, 2023, Implementasi Progran E-Parkir Dalam Layanan Jasa Parkir di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Trisylvana Azwari

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program E-Parkir dalam Layanan Jasa Parkir di Kota Banjarmasin dikarenakan praktik parkir liar menjadi salah satu hambatan yang membuat menurunnya tingkat pelayanan di jalan. Dalam rangka peningkatan layanan jasa parkir di Kota Banjarmasin maka diperlukan terobosan untuk pembenahan sistem pengelolaan parkir dengan adanya E-Parkir di Kota Banjarmasin. Penerapan kebijakan E-Parkir ini disebutkan sempat gagal di 2022, namun saat ini kembali diterapkan untuk mendukung mewujudkan Smart City di Kota Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Fokus penelitian ini pada E-Parkir melalui Layanan Juru Parkir Kasir On Street oleh JURU.id. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori model Implementasi Kebijakan menurut Edwards III.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program E-Parkir dalam Layanan Jasa Parkir di Banjarmasin telah berjalan namun tidak masif sehingga belum terjalankan dengan baik dan tidak maksimal. Faktor pendukung dalam implementasi program ini meliputi adanya sosialisasi, pemberian rewards, dan pengawasan penggunaan E-Parkir. Selain itu, faktor penghambat yang ditemukan adalah terbatasnya jumlah tim Program E-Parkir, regulasi yang belum disahkan, dan kurangnya partisipasi dari juru parkir dan masyarakat.

 

Saran untuk hasil penelitian ini adalah terkait regulasi Perwali yang akan dikeluarkan untuk segera proses diberlakukan serta dibutuhkannya penetapan SOP selayaknya pedoman kebijakan. Dalam hal pengawasan memungkinkan dibantu menggunakan CCTV pada titik lokasi dan perlunya evaluasi berkala dengan memperhatikan faktor pendukung ataupun penghambat dan kepada masyarakat diharapkan membantu kelancaran dengan mentaati proses E-Parkir.

Kata Kunci: Implementasi, E-Parkir, Layanan Jasa Parkir

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI