DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Talking Stick, Make A Match dan Picture and Picture dengan Media Kartu Bergambar Dalam Mengembangkan Aspek Bahasa Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak
PENGARANG:HERNY REZEKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-16


ABSTRAK

Rezeki Herny, NIM A1E714245.Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Talking Stick, Make A Match dan Picture and Picture dengan Media Kartu Bergambar Dalam Mengembangkan Aspek Bahasa Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Skripsi, Program S1 Keguruan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci: Bahasa, Talking Stick, Make A Match, Picture and Picture, Kartu Bergambar.

 

Berdasarkan 2 studi terdahulu ada yang memiliki masalah yang sama dengan yang dimiliki di tempat peneliti mengajar yaitu anak pada rentan usia 5-6 tahun, sebagian besar anak belum mampu mengembangkan aspek bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol serta menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa anak dalam pelaksanaan kombinasi model talking stick dan make a match yang dilengkapi dengan model picture and picture dan media kartu bergambar pada dua hasil PTK I dan PTK II, (2) menganalisis secara mendalam letak persamaan dan perbedaan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak dalam pelaksanaan kombinasi model talking stick dan make a match yang dilengkapi dengan model picture and picture dan media kartu bergambar pada dua hasil PTK I dan PTK II.

Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak pada skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. (2)  Perbedaan dan persamaan aktivitas guru dan aktivitas anak pada kedua buah skripsi yaitu terdapat perbedaan pada beberapa sintak langkah aktivitas, persentase ketercapaian aktivitas dan beberapa faktor penyebab meningkatnya skor aktivitas. Sedangkan persamaan pada aktivitas yaitu terdapat persamaan pada beberapa sintak langkah aktivitas, peningkatan persentase ketercapaian aktivitas menuju arah yang lebih baik dan beberapa faktor penyebab meningkatnya skor aktivitas. Perbedaan dan persamaan hasil perkembangan anak pada kedua buah skripsi yaitu terdapat perbedaan pada jumlah penilaian hasil perkembangan anak dan perbedaan pada persentase klasikal hasil perkembangan anak. Sedangkan persamaan pada salah satu jenis penilaian yang digunakan pada kedua buah skripsi, persamaan pada peningkatan persentase klasikal hasil perkembangan anak menuju arah yang lebih baik dan persamaan pada faktor penyebab peningkatan klasikal hasil kemampuan anak.

Saran yang dapat diajukan peneliti yaitu 1) bagi guru dapat menjadi bahan masukan dan informasi bagi pengembangan proses belajar mengajar guru dalam memilih model pembelajaran yang mudah dan tepat untuk meningkatkan proses dan hasil belajar anak terutama dalam upaya pengembangan aspek bahasa pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak, 2) bagi sekolah dapat menjadi bahan masukan dalam rangka pembinaan guru-guru di sekolah terutama dalam membangkitkan inovasi pada proses pembelajaran dan komitmen atas kualitas program pembelajaran, 3) bagi peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan bagi peneliti guna melakukan penelitian lanjutan tentang penelitian selain permasalahan dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI