DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN
PENGARANG:RENSA ERIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-16


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual ringan. Hipotesis penelitian adalah metode Multisensori efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual ringan. Disabilitas intelektual adalah gangguan masa perkembangan yang ditandai adanya penurunan pada intelektual dan adaptif. Metode Multisensori adalah metode pembelajaran yang melibatkan modalitas Indera visual, auditori, taktil, dan kinestetik untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca. Metode penelitian adalah quasi experiment dengan desain one group pretest posttest. Teknik sampling adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi usia 6-11 tahun, hambatan pada fungsi intelektual dan memiliki hambatan kemampuan membaca. Teknik pengumpulan data menggunakan asesmen, observasi, dan wawancara. Alat tes asesmen penelitian adalah tes Binet. Instrumen penelitian adalah lembar observasi pretetst dan posttest. Analisis data menggunakan Paired Sample T-test dengan hasil sebesar 0,001 (lebih kecil dari nilai α 0,05) sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode Multisensori efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual ringan secara signifikan.

Kata Kunci: Metode Multisensori, kemampuan membaca, disabilitas intelektual ringan 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI